TIPS PERAWATAN MESIN MOTOR

Pemeliharaan yang tepat untuk mesin adalah kata kunci bagi sepeda motor agar tetap bertahan lama. Memperhatikan catatan dan rekomendasi pemeliharaan dari pabrikan akan membuat Anda mengetahui apa saja  yang baik dilakukan untuk sepeda motor Anda dan apa saja yang telah dilakukan oleh pihak pabrikan. 

Masa garansi yang telah habis tentu menjadi perhatian tersendiri bagi kita dalam melakukan perawatan mandiri bagi sepeda motor.

Berikut 5 tips yang akan membantu menjaga sepeda motor Anda dalam kondisi terbaiknya :

1. Oli Mesin
 Mengganti oli mesin setiap 6 bulan sekali atau telah menempuh jarak 3.000 mil. Fungsi utama dari oli mesin sepeda motor adalah sebagai pelumas. Oli mesin juga membantu mengurangi kebisingan suara mesin, menjaga bagian-bagian mesin agar tetap dingin dan melindungi piston. Oli mesin harus yang berkonsistensi baik sehingga dapat berfungsi dengan baik. Oli tidak boleh terlalu kental karena diharapkan mampu mencapai bagian-bagian mesin yang sangat sempit untuk pelumasan. Pada saat yang sama, oli tidak boleh terlalu cair sehingga tidak dapat membuat pelapisan dari masing-masing bagian sprepartJenis Oli mesin yang Anda gunakan pada sepeda motor sama pentingnya seperti Anda memperhatikan kebutuhan BBM.

2. Bahan Bakar

Jenis bahan bakar Anda masukkan ke dalam tanki sepeda motor sangat berpengaruh pada kinerja mesin sepeda motor. Karena kerusakan mesin kadang-kadang disebabkan oleh pemakaian jenis bahan bakar yang salah dari ketentuan pabrik. Mungkin saja sepeda motor Anda memerlukan kadar oktan dan kwalitas yang lebih tinggi untuk menjaga performa mesin. Namun perlu diingat bahwa menggunakan bahan bakar kelas yang lebih tinggi demi peningkatan kinerja juga tidaklah tepat. Kinerja dan umur panjang pada mesin tidaklah meningkat dikarenakan peningkatan oktan pada bahan bakar. Jadi gunakan saja kelas bahan bakar yang sudah ditentukan / direkomendasikan oleh produsen (pabrikan).

3. Rantai sepeda motorPeriksa secara visual rantai Anda dua kali sebulan atau setiap 500-700 mil jika Anda jarang mengendarainya. Fungsi rantai adalah untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang. Rantai perlu dibersihkan dan disesuaikan tergantung pada kebutuan Anda untuk keamanan berkendara. Sebuah rantai yang rusak dapat menyebabkan kerusakan serius pada sepeda motor dan bahkan dapat menyebabkan kecelakaan yang serius.

4. Busi 

Busi sangat penting untuk kinerja keseluruhan sepeda motor. Dan penting untuk diperhatikan bahwa sebelum Anda membuang busi, gunakan udara terkompresi untuk meniup lubang yang berada dalam ruang bakar. Ini akan menghilangkan kotoran dan puing-puing yang tersangkut dalam ruang bakar sehingga tidak ada yang jatuh ke dalam mesin saat mesin dinyalakan.

5. Saringan Udara

Jika saringan udara (air filter) pada sepeda motor Anda tersumbat dengan kotoran dan debu, sepeda motor Anda tidak akan bisa bernapas dengan lega. Ini akan menyebabkan hilangnya keleluasaan kinerja dari mesin sepeda motor Anda. Secara fisik cara melepaskan saringan udara dan membersihkan setiap penyumbatan adalah mudah yaitu dengan melakukan penyemprotan dengan menggunakan kompresor. Jika saringan udara kondisinya sudah buruk maka menggantinya adalah langkah terbaik karena kelalaian akan menyebabkan kerusakan lain yang lebih parah.

Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JUAL KNALPOT TERLENGKAP | PERFORMANCE ONE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger